Kades Dahana Hiligodu Harap Jembatan Sungai Humanga Segera diperbaiki

Gemantararaya.com (Nias Utara) Kepala Desa dan Ketua BPD Desa Dahana Hiligodu kecamatan Namehalu Esiwa kabupaten Nias Utara meminta perhatian Pemerintah untuk segera melanjutkan Pembangunan Jembatan Sungai Humanga Dusun II Desa Dahana Hiligodu kecamatan Namehalu Esiwa. Saat di konfirmasi bersama ketua BPD an.Fiman Lahagu di lokasi Jumat, 03/09/2021

Aserieli Gea (Kades) mengatakan bahwa pembangunan jembatan ini sudah dimulai pada tahun anggaran 2018 dari dinas PUPR Nias Utara, yang di bangun hanya sebatas Abutmen (Abutment) dan sampai saat ini tidak ada kelanjutan pembangunannya, “Ucapnya”

Kades menjelaskan lagi, kami tetap menyampaikan usulan atas nama pemerintah desa baik melalui musrenbang di tingkat kecamatan maupun secara surat supaya ada kelanjutan pembangunan jembatan ini, namun tidak ada respon dari Pemkab Nias Utara. Dan kami mendengarkan informasi bahwa sudah ada dalam nomenklatur tahun 2021 bahkan sudah pernah di tender namun kami tidak tau kenapa gagal.” Tanya kades”

Tambah kades”jalan ini sebenarnya jalan utama dan jalan satu satunya penghubung beberapa desa ke kabupaten Nias Utara. Tetapi karena situasi jembatannya tidak siap di bangun dan hanya jembatan darurat (Batang Kelapa) maka setiap tahun kami melakukan Gotong Royong secara swadaya bersama masyarakat.

Dengan kondisi jembatan darurat yang lapuk Sehingga mengakibatkan Hasil pertanian masyarakat terjadi penurunan harga, bukan lagi seperti biasa orang luar yang datang membelinya.

Kades berharap kepada pemerintah daerah Nias Utara untuk dapat memperhatikan jembatan ini demi kepentingan umum kalau kita ingat pada tahun 2019 di jembatan darurat ini sudah pernah menelan korban jiwa. Dan kita berharap jangan terjadi kedua kalinya.

Ketua BPD Desa Dahana Hiligodu an. Firman Lahagu menjelaskan bahwa anggaran pembangunan jembatan ini sebenarnya sudah ada dalam nomenklatur tahun 2021 di Dinas PUPR Nias Utara. Namun sampai saat ini terlihat tidak ada kegiatan di lapangan kami tidak mengetahui anggaran itu di arahkan kemana.

Dalam kesempatan ini saya mewakili masyarakat desa Dahana Hiligodu kecamatan Namehalu Esiwa, mengharapkan kepada pemerintah Nias Utara untuk memperhatikan jembatan ini dan paling tidak nya di perbaiki jembatan darurat untuk dapat dilalui oleh masyarakat. Perlu diketahui bahwa ruas jalan ini setiap hari dilalui anak-anak sekolah dan begitu juga masyarakat yang menuju kota Nias Utara (Lotu)

Kami sangat berharap kepada Bupati Nias Utara melaui Dinas PUPR untuk segera melakukan lanjutkan pembangunan jembatan sungai Humanga yang berlokasi di Dusun II Desa Dahana Hiligodu paling tidaknya diperbaiki jembatan darurat (Pergantian Papan).

Fzal

By Geya