DPD Gemantara Raya Sumbar melaksanakan bakti sosial di Rumah Belajar YDCD

Kunjungan Sosial yang diikuti oleh Pengurus Gemantara Raya Sumbar kesalahsatu Rumah Belajar di daerah Batang Sarik Kabupaten Padang Pariaman Propinsi Sumatera Barat, yang merupakan Kelompok belajar dibawah binaan Yayasan Cinta Damai Bersama (YCDB).

Rumah belajar di Batang Sarik ini diikuti oleh anak-anak disekitaran Desa/Nagari Sungai Sariak, dengan jumlah pelajar hingga 40 siswa. Tempat belajar merupakan salah satu rumah wargan dengan Sarana belajar yang masih minim, yakni masih belum mempunyai kursi maupun tempat dudu siswa, hanya belajar dilantai dengan beralaskan tikar.

Rumah belajar ini merupakan Pendidikan Non Formal yang diikuti oleh pelajar SD serta mengajarkan seluruh mata pelajaran umum.

Menurut Ketua DPD Gemantara Raya Sumbar.Piterson Harefa “kita mendukung dengan adanya Rumah Belajar didaerah ini, yang dapat membantu dan mencerdaskan anak-anak Indonesia. Kami dari Lembaga Gemantara Raya Sumbar yang merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dalam Pengawasan dan Kontrol Pemerintahan. Turut tergerak hati kami untuk melihat proses belajar dan mengajar dan kami melihat sangat prihatin Rumah belajar ini masih sangat minim dengan sarana dan alat belajar” imbuhnya

Ditambahkan oleh Piterson Harefa yang juga sebagai Pimredwil Sumbar media Gemantararaya.com “Perlu adanya perhatian pemerintah pada kelompok Rumah Belajar seperti ini, minimalnya Pemda dapat membantu sarana dan prasarana belajar sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 31 yakni ‘Setiap warga Negara berhak mendapatkan Pendidikan yang layak’.

Pada kesempatan tersebut Piterson Harefa Selaku Ketua DPD Gemantara Raya juga menyerahkan bantuan alat belajar kepada Rumah Belajar tersebut.

Ditempat yang sama Erni Orang tua siswa yang anaknya belajar di tempat tersebut, sangat bersyukur dengan adanya Rumah Belajar. “Anak saya saat ini kelas 2 SD, sebelum mendaftar disini anak saya belum bisa membaca, dengan adanya Rumah Belajar ini, saat ini Anak Saya bisa mulai membaca dan menulis ” ungkap Erni

Sementara saat diwawancarai Ketua Yayasan Cinta Damai Bersama Ibu Ruth Desi, Sp.Ak mengatakan bahwa “Rumah belajar di daerah Batang Sarik ini merupakan Rumah Belajar yang ke 3 didirikan oleh YCDB, sedangkan 2 lagi ada di Kota Padang” ungkap Ketua YCDB

“Rumah Belajar ini merupakan Pendidikan Non Formal yang materi pelajarannya sama dengan pelajaran di sekolah, saat ini kelas yang kita buka hanya untuk siswa SD, staf pengajarnya masih dari Mahasiswa Magang UNP. Kedepan kita akan merekrut Guru tetap dan saat ini hampir 200 siswa yang ikut diRumah Belajar” terang Ibu Ruth

Ditambahkan Ruth Desi “Saat ini pendirian dan pengajaran dilakukan secara Swadaya dari orang tua siswa. Untuk sarana dan prasarana masih banyak yang belum ada. Nantinya kami dari Yayasan akan meminta bantuan dan perhatian dari Pemerintah Daerah dan juga kami mengharapkan uluran bantuan dari Donatur untuk membantu kegiatan belajar ini”

Kami mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Gemantara Raya Sumbar yang ikut membantu dalam penyediaan sarana belajar disini” tutup Ruth Desi (Red Sumbar)

One thought on “DPD Gemantara Raya Sumbar melaksanakan Bhakti Sosial di Rumah Belajar YCDB”

Comments are closed.