Rumah Sabarudi Gea Dibedah Kedua Organisasi IKMANIRA Dan BMP Nias Selatan

Gemantararaya.com (Nias Utara) Organisasi IKMANIRA (Ikatan Keluarga Masyarakat Nias Utara) dan BMP (Barisan Merah Putih) dari Kabupaten Nias Selatan (Nisel) Sumatera Utara (Sumut) membedah rumah tidak layak huni di desa Fulolo Saloo kecamatan Sitolu’ori.

Kegiatan ini merupakan lanjutan saat IKMANIRA dan BMP menyampaikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak bencana banjir pada 20/08/2021 dan bukan hanya sembako yang diberikan oleh organisasi ini, akan tetapi mereka juga mengambil bagian untuk membantu satu unit rumah tidak layak huni, yang seyogianya diberikan kepada warga yang terdampak bencana banjir.

Namun pada saat itu, bupati dan wakil bupati menyampaikan bahwa rumah yang terdampak banjir sudah di tangani salah satu organisasi atau yayasan. Maka diarahkan di salah satu rumah warga yang sangat tidak layak huni an. Sabarudi Gea als Ama Nibe warga desa Fulolo Salo’o kecamatan Sitolu’ori.

Setelah dilakukan survei dan layak untuk dibedah rumah Sabarudi Gea alias Ama Nibe, maka IKMANIRA dan BMP meminta melengkapi salah satu persyaratan yakni surat kepemilikan lahan dan atau lokasi yang akan di bangun melalui Kepala Desa Fulolo Salo’o.

Seiring dengan berjalannya waktu dan persyaratan juga sudah dilengkapi dan telah disampaikan kepada IKMANIRA. Maka kegiatan berlangsung pada Jumat 03 sampai 04 September 2021 rumah Ama Nibe Gea, selesai dibedah model semi permanen dengan ukuran 5 x 5 meter.

Sehingga pada hari Sabtu 04/09/2021, pihak IKMANIRA dan BMP telah siap melakukan kegiatan bedah rumah dan langsung mengundang bupati dan wakil bupati Nias Utara di lokasi untuk menyerahkan kunci.

Pada saat acara penyerahan kunci tersebut, bupati Nias Utara Amizaro Waruwu berhalangan karena sedang tugas di luar daerah maka di wakili oleh Yusman Zega wakil Bupati Nias Utara yang didampingi oleh Plh. Sekda Folo’o Harefa dan Kepala Desa Fulolo Salo’o dan masyarakat setempat.

Pada saat acara dimaksud ada beberapa kata-kata sambutan di awali dengan do’a yang dipimpin oleh rohaniawan.

Kemudian dilanjutkan oleh ketua BMP menyampaikan bahwa kedua organisasi ini yang memiliki latar belakang dimana BMP (Barisan Merah Putih) yang ada di Nias Selatan merupakan perkumpulan pemuda dari berbagai kecamatan dan desa di wilayah kabupaten Nias Selatan, selanjutnya IKMANIRA (Ikatan Keluarga Masyarakat Nias Utara) yang berdomisili di kabupaten Nias Selatan.

Maka pada saat pasca bencana banjir yang melanda wilayah kabupaten Nias Utara, kami turut prihatin dan tergerak hati untuk mengambil bagian membantu keluarga kita yang mengalami musibah.

Berikutnya sambutan dari Yasatulo Lase, SE, MA, MAP als Ama Iyan yang merupakan putra Nias Utara kelahiran dusun II desa Botona’ai kecamatan Tugala Oyo dan kedua organisasi tersebut sebagai Pembina BMP dan Ketua I IKMANIRA.

Beliau menyampaikan bahwa kedua organisasi ini turut peduli dan menyampaikan bantuan 1 (satu) unit rumah tidak layak huni dan sekaligus memberikan pelengkapan alat-alat rumah tangga.

Menurut Yasatulo apa yang kami sampaikan ini, sekalipun nilainya tidak begitu besar, tetapi kami berharap semoga bermanfaat kepada orang tua kami Ama Nibe Gea (60 th) yang sudah ditinggalkan oleh keluarganya selama 15 tahun.

Secara pribadi saya menyampaikan bahwa yang di alami oleh orang tua kami Ama Nibe Gea, saya sudah mengalami bahkan lebih parah dari pada yang di alami bapak Ama Nibe Gea saat ini. Dengan demikian saya mengajak semua teman-teman untuk bergerak hati dan berkeinginan untuk berbagi kasih kepada sesama sambil mengeluarkan air mata.

Yusman Zega wakil bupati Nias Utara yang mewakili bupati menyampaikan rasa terimakasih atas kepedulian dan rasa solidaritas dari kedua organisasi baik IKMANIRA dan BMP dari Nias Selatan.

Wakil bupati Nias Utara mengucapkan terimakasih segala apa yang diberikan baik bantuan sembako maupun bantuan rumah, atas nama pemerintah daerah Nias Utara sekali lagi mengucapkan terimakasih dan tidak ada balasan dari kami semoga Tuhan yang membalasnya kepada semua jajaran yang telah merencanakan hal ini dan juga merelakan baik tenaga mau materi.

Kami berharap hal yang baik ini semoga organisasi IKMANIRA dan BMP semakin kokoh dan berguna bagi masyarakat. (Tim)

By Seru

One thought on “Rumah Sabarudi Gea Dibedah Kedua Organisasi IKMANIRA Dan BMP Nias Selatan”

Comments are closed.