Pengurus Forum Anak Kota Gunungsitoli (FAKOLI) Dikukuhkan Oleh Walikota Gunungsitoli

Media Cyber Gemantararaya.com

Gunungsitoli – Pengurus Forum Anak Kota Gunungsitoli (FAKOLI) periode 2021-2023 dikukuhkan oleh Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua. Hal ini sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. Pada pelaksanaan pengukuhan tersebut dirangkaikan dengan pelaksanaan Hari Anak Nasional ke-39 Kota Gunungsitoli tahun 2021, yang bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Walikota Gunungsitoli, Jumat, (10/09/2021).

Pada kegiatan ini turut hadir Wakil Walikota Gunungsitoli Sowaโ€™a Laoli, S.E.,M.Si, Sekda Ir Agustinus Zega, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Ketua TP PKK Ny. Tini Lakhomizaro Zebua, Wakil Ketua TP PKK Venny Sowa’a Laoli, Ny. Nani Oimonaha Waruwu dan Manager PKPA Nias Chairidani Purnamawati SH.

Ketua Panitia, Emosi Zendrato, SKM dalam laporannya menyampaikan bahwa seluruh kecamatan di Kota Gunungsitoli sudah terbentuk Forum Anak Kecamatan dan telah dikukuhkan oleh Camat selaku Pembina Forum Anak Kecamatan sedangkan untuk Desa baru 4 Forum Anak Desa yang sudah terbentuk, “sebutnya.

Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Pengurus FAKOLI periode 2021-2023 yang baru dikukuhkan. Dirinya mengakui bahwa Forum Anak adalah hal yang sangat penting sekali dalam perkembangan pembangunan di Kota Gunungsitoli, untuk berperan memberikan saran maupun kritik terkait dengan perlindungan dan pemenuhan hak anak, “ujarnya.

Dikatakannya, “Jangan ada keengganan untuk mengkritik pemerintah, silakan saja, tetapi jangan terprovokasi dengan orang lain. Kalau untuk kepentingan anak, yakinlah pemerintah Kota Gunungsitoli akan merespon semua hal itu, “pungkasnya.

Walikota Gunungsitoli mengharapkan agar organisasi FAKOLI menjadi pelopor bagi anak-anak lain di Kota Gunungsitoli dalam menghindari hal-hal buruk, terutama menjauhkan diri dari penggunaan narkoba. Untuk anggota Fakoli yang sedang berada di Kelas XII, Walikota mengingatkan agar mereka lebih fokus belajar, agar mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir, “harapnya

โ€œHarapan saya, anak-anak harus menghormati diri sendiri dan orang tua, selain itu Saya berharap Fakoli tetap melaksanakan kegiatan terutama di kegiatan pemerintah yang selama ini selalu hadir. sekaligus saya ucapkan terimakasih kepada para Pembina dan Pengarah, karena sudah mengarahkan anak-anak ini ke arah yang benar, “ucapnya.

Diakhir sambutannya, Walikota mengharapkan melalui FAKOLI dapat tercipta generasi – generasi yang nantinya memimpin atau memikirkan perkembangan – perkembangan Kota Gunungsitoli kedepannya, “tutupnya.

Adapun Ketua Fakoli yang baru dikukuhkan untuk periode 2021-2023 adalah Daud Tyen Faโ€™ahakhododo Zebua, sedangkan ketua Fakoli Periode sebelumnya adalah Elwendy Albert Bazamati Zebua.

Berikut susunan personil kepengurusan Forum Anak Kota Gunungsitoli (FAKOLI) periode tahun 2021-2023 antara lain ;

PEMBINA : Walikota Gunungsitoli dan Wakil Walikota Gunungsitoli.

TIM KODE ETIK Ketua merangkap anggota : Chairidani Purnamawati, SH (manager PKPa Nias). Anggota : Putra Hidayat Zebua, Yasinta Titian Imanfati Gea, S.Pd, Yasmani Halawa, Yatieli Zebua, Fanotona Harefa, Kurniawan Zega.

PENDAMPING : Kadis Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Gunungsitoli, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada dinas P5A Kota Gunungsitoli, Kepala Seksi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan pada dinas P5A Kota Gunungsitoli, Ridi Favorit Saronitehe Waruwu, S.Psi (staf child development PKPA Nias).

FASILITATOR : Elwendy Albert Bazamati Zebua.

KETUA : Daud Tyen Fa’ahakhododo Zebua, Wakil Ketua : Mulya Jenice First Laoli, SEKRETARIS : Wendi Kristin Adelin Ndraha, Wakil Sekretaris : Netania Kasih Riessandra Harefa, BENDAHARA : Agnes Enonita Harefa Wakil Bendahara : Vadnes Marshanda Halawa.

DEVISI HUKUM DAN SOSIAL, Koodinator : Roland Fredi T. Halawa, Gideon Dimitri Roberto Zendrato. Anggota : Putri Nias Gea, Della Nathaniel Gea, Windi Asnica Gulo, Cindy Mutia Rahmi Br. Siahaan.

DEVISI KESEHATAN,
Koodinator : Marthabita Try Widya Mendrofa, Juwita Mariska Kristiani Zebua, Anggota : Virya Anggraini Wau, Elshinta Beatrice Gea, Alrendy Zebua.

DEVISI KESEHATAN,
Koodinator : Dewi Putri Meisari Waruwu, Miriam Cahaya Zebua. Anggota : Kezia Gracella Nonifati Zebua, Rita Hati Ndruru, Tiatmra Angelita Zamasi.

DIVISI KEROHANIAN,
Koordinator : Sesilia Febri Nova Yanti Waruwu, Citra Siti Arafah. Anggota : Christin Tera Yoseptin Laoli, Faizah Delvanda, Linda Soliwati Zega, Mulan Handayani Gulo

DIVISI INFORMASI, DATA & DOKU DOKUMENTASI,
Koordinator : Jacqueline Laoli, Kayleen Umbu Yanora Zebua Anggota : Michelle Aurel Septani Laoli, Miss Grace Exandi Telaumbanua, Gresia Julianti Zebua, Juli Tuti Asna Ziliwu.

DEVISI KREATIF,
Koodinator : Abednego Zebua, Yosafat Brillian Harazaki Hulu. Anggota : Naomi Lifanya Amanda Zebua, Mei Doreka Zebua, dan Setia Ingat Megawati Laia.

-Red

By Seru