Sit.Harefa (Korban) Minta Polsek Tuhemberua Segera Serahkan Tersangka Ke Kajari Gunungsitoli

Gemantararaya.com (Nias Utara) Menurut Sitirohani Harefa korban penganiayaan menjelaskan bahwa surat P21 telah dikeluarkan oleh pihak Kejaksaan pada tanggal 20 Agustus 2021, perihal tentang pemberitahuan hasil penyidikan perkara pidana atas nama tersangka Metiani Zalukhu Als. Ina Ceim.

Sesuai dengan surat Jaksa kepada Kapolsek Tuhemberua Nomor: B-1282/L/Roh/08/2021 dimana penyerahan berkas perkara pidana atas nama tersangka Metiani Zalukhu alias Ina Ceim dari Polsek Tuhemberua Nomor: BP/03/VII/Res.1.6/2021 Reskrim dan diterima pihak Jaksa Negeri Gunungsitoli tanggal 08 Juli 2021.

Setelah dilakukan penelitian oleh Jaksa ternyata hasil penyidikannya sudah lengkap, maka dengan ketentuan pasal 8 ayat (3)b. pasal 138 ayat (1) dan pasal 139 KUHP diminta pihak Polsek Tuhemberua supaya menyerahkan tanggung jawab dan barang bukti dan menyerahkan tersangka.

Namun hampir satu bulan setelah turunnya surat tersebut pihak Polsek Tuhemberua belum menyerahkan tersangka kepada pihak Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, ujar Sitirohani Harefa dengan nada kecewa di hadapan sejumlah wartawan di Lotu pada hari Senin, 21 September 2021.

Lambannya pelimpahan tersangka kasus penganiayaan yang melibatkan Metiani Zalukhu membuat korban “Sitirohani Harefa” merasa kecewa, padahal P21 hampir satu bulan telah dikeluarkan oleh pihak Kejaksaan Negeri Gunungsitoli.

Lanjutnya, “Saya mendesak pihak Polsek Tuhemberua agar segera melimpahkan berkas tersangka dan juga “tersangka” kepada pihak Kejaksaan Negeri Gunungsitoli untuk melanjutkan perkara ini ke pihak pengadilan supaya pelaku dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya dihadapan hukum, “katanya.

Menanggapi hal itu, Kapolsek Tuhemberua IB. Harefa saat dimintai tanggapannya atas lambannya pelimpahan tersangka di Kejaksaan Gunungsitoli melalui  WhatsApp pribadinya, Ia mengatakan akan menyerahkan tersangka pada Minggu ketiga bulan September.

“Setelah kami terima P21 dan rencana Polsek melimpahkan langsung ke Kejaksaan, hasil koordinasi awal dari JPU, menunggu KASIPIDUM masih diluar kota dan koordinasi terakhir kemarin pihak Kejaksaan sudah di jadwalkan, JPU sedang dinas luar artinya bukan kami yang membuat lambatnya proses hukum akan tetapi kepada siapa kami serahkan berkas dan juga tersangka. Untuk tahap pelimpahan tersangka akan kita jadwalkan pada Minggu ketiga bulan September 2021, “pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus penganiayaan terhadap korban Sitirohani Harefa terjadi di balai pertemuan desa, pada hari Senin, 19 April 2021 di desa Sanawuyu kecamatan Sawo kabupaten Nias Utara yang diduga dilakukan oleh Metiani Zalukhu Alias Ina Ceim yang juga salah seorang unsur anggota BPD desa Sanawuyu kecamatan Sawo. (Tim)

By Geya

3 thoughts on “Sit.Harefa (Korban) Minta Polsek Tuhemberua Segera Serahkan Tersangka Ke Kajari Gunungsitoli”

Comments are closed.