Manager PT. SAJ Toyolawa Diduga Membohongi Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara

Media Cyber Gemantararaya.com

Nias Utara – Manager PT. SAJ Toyolawa Rasali Zalukhu diduga memberikan informasi yang tidak benar pada saat dihubungi oleh pihak Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara melalui Plh Kasi Pengawas an. Karmen Sidabutar pada hari Jumat, 01/10/2021.

Dalam keterangannya kepada pihak Disnaker Provsu, Rasali Zalukhu selaku Manager PT. Sedar Abadi Jaya yang bergerak dibidang perkebunan kelapa yang berada di wilayah Kabupaten Nias Utara diduga tidak sesuai dengan yang sebenarnya dan diduga melakukan pembohongan publik.

Rasali Zalukhu menyampaikan kepada pihak Disnaker Provsu ketika ditanya berapa lama sudah bekerja di perusahaan tersebut bahwa Dia (Rasali Zalukhu) bekerja di perusahaan itu baru 3 (tiga) bulan.

Menurut penyampaian Rasali Zalukhu setelah dipertanyakan tentang keberadaan perusahaan itu di Nias Utara, Ia menjelaskan bahwa PT. Sedar Abadi Jaya milik negara dan cara pengelolaan bagi hasil.

Kemudian ditanyakan lagi dimana kantor perusahaan itu, Rasali menjelaskan ada di Medan Sumatera Utara. Maka saat itu pihak Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara melalui Plh. Kasi Pengawas
an.Karmen Sidabutar mengatakan kepada Rasali sebaiknya kantor itu ada di wilayah kabupaten Nias Utara.

Ketika di konfirmasi oleh kru media kepada Karmen Sidabutar selaku Plh. Kasi Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara terkait laporan masyarakat, beliau mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan tindakan tegas bila perusahaan itu tidak mematuhi peraturan pemerintah tentang UU Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Tambahnya lagi, “kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi atas Laporan Dewan Pengurus Daerah Gerakan Masyarakat Nusantara Raya Kepulauan Nias, tertanggal 16 September 2021 perihal Pengaduan Masyarakat”,ucapnya

Oleh karena pengaduan masyarakat tersebut, pihak Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi UKM Kabupaten Nias Utara, menyurati Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara Nomor : 560/1297
/Disnakerkop/2021 Perihal : Pelimpahan Pengaduan Karyawati.

Laporan karyawati PT. Sedar Abadi Jaya an. Magdalena Teti Berliana Zalukhu tertanggal 9 Juli 2021, telah terjadi pemberhentian sepihak yang di lakukan oleh manager an. Rasali Zalukhu alias Ama Motan Zalukhu yang juga selaku mantan ketua DPRD Nias Utara.

Berdasarkan laporan Magdalena Teti Berliana Zalukhu tersebut pihak Disnaker Nias Utara melimpahkan penanganannya kepada Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara, sebagaimana ketentuan Peraturan Pemerintah RI No. 35 Tahun 2021 tentang perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja, Waktu Istirahat dan Pemutusan Hubungan Kerja. (Tim)

By Geya

11 thoughts on “Manager PT. SAJ Toyolawa Membohongi Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara”

Comments are closed.