Gemantararaya.com, Desa Mampir, Pemerintahan Desa Mampir, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor Bersama BPD, Kadus, Pendamping Desa, Ibu-ibu PKK, Kader Posyandu dan Elemen Masyarakat lainnya melakukan kegiatan Musyawarah pembentukan dan pembinaan Kader RDS(Rumah Desa Sehat) bertempat di Aula Kantor Desa, Jumat(08/10/2021) dengan tujuan mendukung konvergensi pencegahan stunting.

RDS merupakan sekretariat bersama bagi bagi pegiat pemberdayaan masyarakat dan pelaku pembangunan desa di bidang kesehatan yang berfungsi sebagai ruang literasi kesehatan, pusat penyebaran informasi kesehatan dan forum advokasi kebijakan di bidang kesehatan.

Pegiat pemberdayaan masyarakat dan pelaku pembangunan desa adalah kader posyandu, Guru Paud, kader kesehatan, unit layanan kesehatan, unit layanan pendidikan, kader PKK, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, dan berbagai kelompok masyarakat yang peduli dalam upaya pencegahan stunting.

Kepala Desa Mampir, Asep Supini dalam sambutannya mengatakan perlu nya perhatian penuh dalam pencegahan Stunting di Masyarakat

” Pencegahan Stunting itu sangat diperlukan ditengah Masyarakat, khususnya di wilayah desa mampir  dan saat ini kita akan membentuk lembaga baru, dengan tugas mengenai masalah kesehatan di Desa mampir” ujarnya.

”  Kita tampung usulan dari semua kalangan masyarakat yang terkait masalah kesehatan, BPD juga menampung aspirasi Masyarakat, termasuk Kita akan berupaya maksimal mencegah TBC, termasuk pengobatannya dan juga masalah-masalah kesehatan lainnya di wilayah desa mampir” tutupnya singkat.

Stunting terjadi akibat berbagai faktor dan indikator yang mana harus benar-benar di diagnosa untuk mengetahui penyebabnya! Untuk masalah stunting pada khususnya Perlu pemetaan sosial, diagnostik, rembuk stunting, musrenbang desa dan evaluasi konvergensi yang akan menghasilkan output kegiatan pelayanan, koordinasi layanan dan perubahan perilaku.(Marlon,S.E.).

By Admin

4 thoughts on “Pemdes Mampir adakan musyawarah pembentukan dan pembinaan kader RDS”

Comments are closed.