Gemantararaya.com

Padang. 20/10/2021. Dalam Minggu ini banyak kita jumpai berita Viral Ujaran Kebencian yang diunggah oleh Akun Facebook Pribadi Congrat Sinaga pada tanggal 11 Oktober 2021.

Postingan video yang disampaikan oleh CS sangat menyinggung perasaan Warga Masyarakat Suku Nias yang ada di Kepulauan Nias maupun diseluruh daerah Nusantara.

Akibat dari Postingan CS beberapa Ormas dan masyarakat Nias melaporkan CS ke Polres Nias.

Menanggapi peristiwa tersebut Lembaga Gemantara Raya Sumatera Barat, yang terdiri dari Tri Power yakni LBH, LSM dan Pers. Menyayangkan Postingan CS yang membuat warga Suku Nias marah.

Melalui confrensi pers dikantor Sekretariat DPD Sumbar. Ketua DPD Gemantara Raya Bpk Piterson Harefa yang didampingi Oleh Ibu Desi Purba dan Bpk Tomi Ade Zai, mengatakan dengan adanya Postingan Sdr CS, membuat masyarakat Nias dibeberapa daerah bergejolak dan marah. Imbuh Piter.

“Kami mengimbau agar masyarakat suku Nias di seluruh daerah tetap tenang dan tidak terprovokasi atas postingan tersebut” lanjut Piter “Kami melihat Postingan CS adalah intrik atau persoalan pribadi dan tidak ada mengatasnamakan suku atau organisasi” tutur Piter

Lebih lanjut disampaikan Oleh Piterson Harefa yang juga sebagai Pimpinan Redaksi Perwakilan atau Pimredwil Media Gemantararaya.com di-Sumbar mengatakan “Meminta kepada Aparat Kepolisian khususnya Polda Sumatera Utara untuk dapat mengusut tuntas kasus ini dengan cepat dan tegas, agar kasus ini tidak menyebar”

Ditempat terpisah, Media Gemantararaya.com menghubungi via WhatApp kepada Ketua DPD HIMNI Sumbar (Himpunan Masyarakat Nias Indonesia ) Bpk Edison Hulu, M.Th. perihal Postingan Viral CS yang diduga melakukan ujaran kebencian dan membuat masyarakat Suku Nias marah. mengatakan bahwa Ormas HIMNI telah mengambil sikap mulai dari DPP, DPD dan DPC seluruh Indonesia, membuat laporan ke Polda, Polres masing-masing. sesuai petunjuk dari DPP HIMNI dan kami bersama Tim Advokasi DPD HIMNI Sumbar saat ini sedang berada di Polda Sumbar, membuat laporan. Tutup Ketua DPD HIMNI (Red Sumbar)