Pemerintah Kota Gunungsitoli Peringati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVIII

Cyber Media Gemantararaya.com

Gunungsitoli (22/10/2021), Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua menghadiri pelaksanaan kegiatan Perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVIII (28) Kota Gunungsitoli Tahun 2021, bertempat di Halaman Kantor Walikota, Jumat 22 Oktober 2021.

”Atas nama Pemerintah Kota Gunungsitoli, kami memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVIII (28) Kota Gunungsitoli Tahun 2021 dengan tema “Keluarga Keren Cegah Stunting”, sambut Walikota Gunungsitoli melalui arahan dan bimbingannya.

Beliau menyampaikan bahwa Tema Harganas tahun ini sangat strategis karena mengingatkan kita semua betapa pentingnya peran keluarga dalam pembangunan terutama dalam pencegahan dan penurunan angka stunting yaitu pemenuhan gizi tumbuh kembang anak oleh keluarga serta dengan menerapkan 8 fungsi keluarga yaitu fungsi agama, kasih sayang, perlindungan, sosial budaya, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan pembinaan lingkungan. Juga peningkatan ketahanan keluarga melalui 4 (empat) pendekatan ketahanan keluarga yaitu keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya, keluarga peduli dan keluarga berbagi.

Walikota Gunungsitoli juga mengharapkan peran keluarga untuk lebih peduli dalam pengasuhan anak secara baik. Walaupun dalam situasi masa pandemi Covid-19, tingkat pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat mengalami penurunan dan hal ini sangat berpengaruh terhadap pemenuhan gizi anak dan balita.

‘’Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kepada peserta lomba, saya ucapkan selamat kepada pemenang. Jayalah Keluarga Indonesia, Jayalah Keluarga di Kota Gunungsitoli,” pungkas Walikota Gunungsitoli mengakhiri arahan dan bimbingannya.

Laporan Panitia Pelaksana Kegiatan Ibu Erniwati Telaumbanua, AMK menyampaikan bahwa tujuan umum kegiatan ini adalah untuk meningkatkan akselerasi program pembangunan keluarga melalui pemilihan keluarga teladan. Adapun beberapa kegiatan lomba yang sudah dilaksanakan, yakni:

Lomba Keluarga Teladan, dengan Juara I Keluarga Iman Amin Aceh/ Isra’nur Ziliwu dari Kelurahan Ilir Kecamatan Gunungsitoli;
Lomba Posyandu terbaik terintegrasi Bina Keluarga Balita (BKB) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Juara I dari Posyandu Ombolata Ulu Kecamatan Gunungsitoli; dan
Lomba Penyuluhan Cegah Stunting dengan judul “Peran Remaja dalam mencegah stunting”, dengan Juara I oleh Febri Laura Zebua dari Kecamatan Gunungsitoli Barat.

Seterusnya, Ketua Tim Penggerak PKK Ibu Sukartini Wa’u, Am.Keb melalui sambutannya berharap dengan adanya Posyandu, Kelompok Bina Keluarga Balita dan Pendidikan Anak Usia Dini, seluruh masyarakat Kota Gunungsitoli menjadi masyarakat yang sehat dan sejahtera. Perkembangan dan pertumbuhan anak-anak bisa terpantau dengan baik. Tak hanya itu, terwujudnya masyarakat sehat dan sejahtera juga dibantu oleh dasawisma diseluruh desa se-Kota Gunungsitoli. Hal ini merupakan investasi yang akan kita dapatkan manfaatnya dimasa mendatang, khususnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena anak adalah aset suatu bangsa.

Acara berlangsung dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana 0213 Nias, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Staf ahli, Asisten, para Kepala OPD lingkup Kota Gunungsitoli, para Camat, peserta lomba, dan hadirin lainnya. (Red)

Sumber : Dinas Kominfo Kota Gunungsitoli

By Geya

2 thoughts on “Pemerintah Kota Gunungsitoli Peringati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVIII”

Comments are closed.