Gemantararaya.com, Cileungsi(Kabupaten Bogor), Camat Cileungsi Adhi Nugraha,S.STP, bersama Kepala Desa Mampir, Asep Supini meresmikan Jalan Lingkungan Desa dari Program Satu Milyar Satu Desa(SAMISADE) Bupati Bogor, Ade Yasin, Senin(20/12/2021).

Acara Peresmian Jalan Lingkungan Desa, tepat nya di Jalan Abdul Rojak ini juga dihadiri Perwakilan Koramil Cileungsi, Ketua BPD, Ketua LPM, para Kadus, RT RW, Jajaran Perangkat Desa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat sekitar.

Dalam kata Sambutan nya Kepala Desa Mampir, Asep SupiniĀ  mengatakan bahwa pembangunan jalan Abdul Rojak ini Sudah sejak Tahun 2000 di programkan bersama Warga Desa Mampir.

” Kronologis Jalan Abdul Rojak ini sebenarnya sudah dari tahun 2000 diprogramkan, agak sedikit terlambat tapi Alhamdulillah sudah terlaksana dengan adanya Program SAMISADE ini, untuk Program pembangunan infrastruktur jalan lingkungan desa dari anggaran Dana Desa tahap pertama sudah dilakukan, tahap kedua dialihkan ke BLT DD dan Keluarga Penerima Manfaat Per KK menerima 2,3 juta, dan di Tahun 2021 juga ingin lanjutkan,tapi ada Program SAMISADE dengan beberapa kriteria, arahan Bupati bahwa program SAMISADE minimal angggaran 200 juta, sehingga dibeberapa wilayah belum terbangun semua dengan anggaran dibawah 200juta. Kita sudah bangun 5 titik. Kita selesaikan jalan utama ini sepanjang 524 meter dari Anggaran program SAMISADE Bupati Bogor, sehingga jalan infrstruktur yang anggarannya besar bisa kita selesaikan tahun ini.” Terang Asep Supini.

” Mudah-mudahan anggaran SAMISADE ini bisa berkelanjutan tiap tahun, dan tahun 2022 nanti drainase akan kita buat sepanjang jalur jalan utama ini. Jadi ini jalan milik kita semua ,mari kita jaga dan kita rawat jalan ini yang panjang nya hampir 2 km.” lanjut nya.

” Untuk meluruskan pertanyaan warga, apakah jalan utama desa ini bisa dilalui mobil dengan tonase 20 ton? Begini…., di RAB itu Lebar 5 Meter, Panjang 524 Meter, Tebal 20 Cm, kualitas 250, Alhamdulillah ada bantuan swadaya dari Perusahaan sehingga kualitas ditingkatkanbjadi lebih kuat dan bagus, jadi…, jalan ini bisa dilalui kendaraan dengan tonase 20 ton. Untuk kedepan Kita akan buka pergudangan disini, biar semua warga kita juga maju, jadi infrastruktur pun harus mendukung, kita pun harus punya keahlian dan sama-sama berusaha, disini zona kuning, akan kebanjiran pendatang karena banyak perumahan. Jangan kalah bersaing, yg berlalu biarlah berlalu” jelas nya.

” Harapan saya mari…..,kita warga pribumi, ini rumah kita, kita punya modal, mari kita bangun! saya yakin dengan saling membantu dan saling mendukung kita bisa saling bersaing. Jangan tergiur jual tanah pinggir jalan, akhirnya kita tergusur kedalam, lebih baik lahan-lahan kita, kita manfaatkan dengan baik, harapan saya jalan Abdul Rojak ini harus didominasi pribumi, Kita sudah punya BUMDes, Rumah Desa Sehat, semoga lembaga ini bisa bantu masyarakat dari sisi ekonomi dan kesehatan. Saya harapkan semoga BUMDes bisa kedepan berjalan dengan baik untuk kepentingan kita semua” pungkas Asep Supini.

Sementara di kesempatan yang sama, dalam sambutannya Camat Cileungsi; Adhi Nugraha,S.STP mengatakan bahwa Pemerintahan Desa memiliki Anggaran luarbiasa dan tidak sedikit yang dikelola.

” Saya berterimakasih dan mengucap syukur bisa bersama warga desa mampir akan meresmikan jalan Abdul Rojak ini yang dibangun dari prog SAMISADE, Pemerintahan Desa itu memiliki anggaran luarbiasa, tidak sedikit yang dikelola, bahkan Ibu Bupati pun memberikan Anggaran program SAMISADE untuk infrastruktur, jumlahnya variatif, minimal 200 juta maksimal 1 milyar, ada yang dapat setengah nya tergantung usulan desa setempat dan hasil verifikasi tingkat kecamatan, layak atau tidaknya usulan tersebut. Kami akan evaluasi kembali nanti termasuk desa mampir bersama Tim dari UPT Jalan jembatan dan Tim lainnya” Ucap Adhi

” Hari ini jalan ini sudah mulus, Alhamdulillah sudah terealisasi,tadi saya dengar diusulkan tahun 2000 berarti sudah 21 tahun baru terealisasi. Dua minggu lalu saya juga kesini melihat proses pengerjaan, saya berharap kepada warga, jalan sudahh bagus dan mulus, mohon dirawat dengan baik, karena tidak semua punya kesempatan dapat program SAMISADE, Kelurahan belum dapat karena secara regulasi memang tidak dapat, tapi mudah-mudahan semua punya kesempatan yang sama kedepannya. Meski jalan ini kuat, pemeliharaan bukan hanya di Pemdes tapi semua Warga harus ikut merawat kita harus bisa merasa saling memiliki, mari…, kita rawat bersama. Jalan yang akan dibangun bukan hanya disini, masih ada jalan lainnya, Untuk pembangunannya menunggu SAMISADE Tahap selanjutnya, menunggu pencairan tahap kedua di titik lainnya dan Saya tidak pernah dengar ada kendala yang dihadapi di desa mampir, dan semoga pembangunan tahap kedua jalan lingkungan desa dari program SAMISADE ini tidak ada kendala” sambung nya.

” Tapi disini saya lihat kok masih ada warga yang tidak gunakan masker? jangan karena dekat rumah jadi gak pakai masker, malah ini  akan jadi peluang terjangkit virus covid, apalagi saat ini ada jenis virus Omicron, jadi…, mohon tetap taat Prokes dan mohon bantuan perangkat desa dan lingkungan untuk Mendata kembali warga yang belum vaksin, karena informasi nya masih ada 2000 an lebih warga desa mampir  yang belum vaksin, sebab Kita juga harus bangun manusia itu sendiri dengan membangun kesehatan melalui vaksinasi, mudah-mudahan virus covid hilang dari kehidupan kita. Memang.., Ada instruksi dari pusat bahwa 40 persen Dana Desa(DD) dialokasikan untui BLT DD, mungkin tidak semua bisa menerima karena keterbatasan yang ada. Jadi kita berharap mudah-mudahan juga Program SAMISADE ini bisa berlanjut kedepan nya, meski tergantung keuangan pemda bogor, semua a juga tergantung PAD,  mudah-mudahan masyarakat desa mampir sadar pajak,minimal pajak bumi dan bangunan untuk kepentingan kita semua, untuk pembangunan Kabupaten Bogor kedepannya. Mudah-mudahan program ini bermanfaat untuk kita semua, trimakasih kepada Ibu Bupati yang memberikan program SAMISADE ini ditengah pandemi covid saat ini” tutup nya.(Marlon,S.E.).

By Admin