NIAS UTARA, Gemantararaya.com

Akibat hujan deras mengguyur kawasan Nias Utara beberapa hari belakangan ini, sehingga mengakibatkan ruas jalan provinsi Sumatera Utara terputus. Lokasinya di jalan raya dari ibukota Nias Utara menuju kecamatan Lahewa.
pada hari Minggu 19 Desember 2021.

Ruas jalan yang terputus tersebut, titiknya di sungai Sohahau desa Sihene’asi kecamatan Lahewa, tempatnya pemandian umum ambruk akibat di terjang banjir. Musibah ini lantara curah hujan yang tidak henti- hentinya, sehingga kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa melewati ruas jalan tersebut yang merupakan satu satunya jalan utama lintasan dari Lahewa ke kota Gunungsitoli.

Dengan gerakan cepat pihak Polsek Lahewa dan Koramil 05 Lahewa menanganinya dan bekerja sama dengan pengurus Koperasi KP3U (Koperasi Produsen Putra Pantai Utara) pada hari Senin tanggal 20 Desember 2021 langsung melakukan perbaikan secara bersama-sama supaya dapat dilalui kendaraan sebelum ada perbaikan dari dinas Bina Marga provinsi atau kerjasama dengan pemerintah daerah Nias Utara.

Pihak Polsek bersama jajaran, Tim Koramil 05 Lahewa dan Angkatan Laut Lahewa bersama dengan pengurus Koperasi Produsen Putra Pantai Utara (KP3U) melakukan gotong royong dengan memasang batang kelapa untuk jembatan darurat demi kelancaran kendaraan dari Lahewa ke kota Gunungsitoli atau sebaliknya.

Menurut Trisman Gea ketua Koperasi KP3U menjelaskan kepada media kenapa bisa turun bergotong royong, Ianya mengatakan bahwa pihaknya di hubungi oleh pihak Polsek Lahewa untuk kerjasama supaya segera menurunkan anggota secara bersama sama. Kita juga prihatin bila tidak segera ditangani maka kebutuhan kita sedikit terkendala dan begitu juga hasil perekonomian masyarakat. Memang yang kita lakukan hanya sekedar darurat agar jalur kendaraan sebagai alat teranspotasi untuk pengangkutan antar kota dan kecamatan jangan sampai terputus total,”ungkapnya”

UPT Bina Marga Nias, juga turun menangani sekaligus memfasilitasi berbagai material yang dipergunakan sehingga menjelang sore hari jembatan tersebut sudah bisa dilewati kendaraan roda empat, dan yang tadinya macet tapi setelah diperbaiki jembatan darurat tersebut maka sudah normal kembali.

Kaposek Lahewa Hesena Ziliwu, SH,MH berterimakasih kepada semua pihak yang telah meluangkan waktu dan tenaga dalam kegiatan ini sehingga semua selesai dengan cepat dan jalur jalan umum tidak terputus lagi, aktifitas masyarakat tidak terkendala dan bisa aktif kembali. (T.Gea)

By Geya

One thought on “Ruas Jalan Provinsi Putus Total, Lokasi Di Desa Sihene’asi Kecamatan Lahewa”

Comments are closed.