Gemantararaya.com, Dairi Sumut – Sebagai upaya mendukung Program Pemerintah terkait Vaksinasi Nasional memutus rantai penyebaran covid 19 sebanyak 322 SD anak usia 6 – 11 tahun, hari ini tampak antusias ikuti vaksinasi covid 19, kegiatan yang dilaksanakan oleh Petugas Vaksinator dari Puskesmas Parbuluan yang di bagi atas 2 Tim , kali ini dilaksanakan di Sekolah Dasar 030294 Sigalingging, Rabu, 12/02/2022.

Orangtua siswa dengan antusiasme sudah datang sejak pagi, untuk mendampingi para siswa siswi tersebut tampak tertib dan sabar menunggu di pintu gerbang sekolah .Jam 9.00 Wib sudah mulai dilaksanakan siswa kelas rendah didahulukan giliran disuntik vaksin covid 19 jenis sinovac. ” Iya hari ini vaksin anak usia 6 hingga 11 tahun kami laksanakan di 2 Sekolah , pada SD 030294 kemudian SD Laehole II Sesuai jadwal , sebelumnya di beberapa SD sudah,” ujar Dr. Benny Purba. Untuk hari ini sesuai data yang masuk ke kami ada sebanyak 322 anak dari target 344 orang ada yang tidak hadir . Bagi yang belum vaksin nanti akan kami lakukan penyisiran kembali agar bisa tercapai target 100 persen ,”lanjutnya.

Tenaga kesehatan yang dilibatkan dalam pelaksanaan hari ini berasal dari Puskesmas Parbuluan , pelaksanaan vaksinasi akan digelar pada sekolah masing masing yang ada di Kec. Parbuluan Sejumlah 20 SD terdiri dari 17 SDNegeri dan 3 SD Swasta ,” ujar Dr.Benny Purba.” Kami targetkan satu bulan pemberian vaksin rampung terhadap 4274 sasaran anak usia 6 hingga 11 tahun ini,” jelas Benny.

Menurut penjelasan Dr Benny bahwa Pelaksanaan vaksinasi anak, seperti halnya orang dewasa. Langkah pertama dengan mendaftar, , kemudian dilakukan screning kesehatan anak, jika memenuhi syarat baru disuntik dan setelahnya kemudian diterbitkan sertifikat vaksin.” pelaksaan berjalan lancar, dibantu sejumlah guru yang juga dilibatkan. Memang sejumlah anak tampak berkeringat dan mengaku takut disuntik. Namun para guru mengajak mereka ngobrol hingga lupa bahwa proses penyuntikan vaksin telah selesai,” pungkas Benny.

Pengakuan Eben Haezer salah satu peserta vaksin awalnya takut, namun karena datang dengan bersama dengan orang tuanya dirinya pun menjadi berani. ” Awalnya takut, namun Ibunya juga seorang petugas medis menyemangati, bahwa disuntik tidak sakit. Setelah selesai disuntik beliau temui teman sekelasnya Seperti digigit semut, dan benar tidak sakit,” katanya.

Para orangtua mengaku senang, setelah anaknya menerima vaksin covid 19 hari ini.Sudah bisa Belajar disekolah dengan tetap menerapkan prokes, ditambah sudah divaksin membuat para siswa tidak lagi merasa was was lagi terhadap ancaman covid 19. Sehingga pada saat belajar tatap muka para siswa lebih tenang dan kami orangtua dapat bekerja seperti semula ujar salah seorang orangtua siswa tersebut.

Turut hadir Sekcam Parbuluan Sihombing S.H mewakili Camat Parbuluan, Kapolsek Parbuluan Iptu Agus Santoso ,Danposramil Parbuluan Sertu H.Sihotang ,Kepala Puskesmas Parbuluan Dr. Benny Purba MKM, Kepdes Parbuluan IV Ramli Sihite ,Kepala Sekolah SD 040294 Sigalingging Bungamasa Tarigan SPd.SD.Selama pelaksanaan giat berjalan dengan aman kondusif serta terkendali (L.H)

By Geya