Kebun Kelapa Toyolawa, Pemkab Nisut Akan jadikan Aset Daerah

Gemantararaya.com (Nias Utara) Berdasarkan pemberitaan media massa selama ini terkait polemik PT. Sedar Abadi Jaya Toyolawa kebun kelapa yang ada di wilayah kabupaten Nias Utara sehingga Pemerintah Daerah Nias Utara akan mengambil alih untuk mengelolanya. Hal ini berdasarkan hasil konfirmasi media ini kepada Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu di ruang kerjanya, Jumat 15/01/2022.

Polemik ini terjadi pada bulan Juli 2021 dimana pihak manajer PT. Sedar Abadi Jaya melakukan tindakan berupa pemecatan terhadap salah seorang karyawan secara sepihak bahkan pada saat itu terjadi kekerasan sehingga masalah tersebut masih ditangani pihak Polres Nias.

Maka pihak korban memberitahukan kepada LSM Gemantara Raya Kepulauan Nias maka pihak LSM Gemantara Raya mengandeng beberapa media yang ada di wilayah Kabupaten Nias Utara untuk menyampaikan hal itu kepada pihak Disnaker Nias Utara dan juga kepada pihak DPRD Nias Utara.

Seterusnya pihak Lembaga Gemantara Raya Kepulauan Nias menyurati Bupati Nias Utara dan pihak Disnaker pada bulan Oktober tahun lalu dengan tujuan agar masalah PT. Sedar Abadi Jaya dapat ditindak lanjuti kepada pihak pemerintah provinsi dan pusat.

Beberapa waktu lalu ketua LSM Gemantara Raya Kepulauan Nias Febeanus Zalukhu mencoba koordinasi kepada Bupati Nias Utara terkait laporannya dan pada saat itu Bupati mengatakan bahwa masalah itu sudah kita sampaikan kepada pihak Dirjen Kementrian Kehutanan di pusat.

Kemudian pemerintah daerah selalu meminta data-data perusahaan itu namun tidak kunjung diberikan oleh pihak perusahaan sampai saat ini, “ungkap Disnaker Nisut.

Dengan demikian maka pemerintah daerah akan berusaha untuk mengambil alih untuk menyelamatkan para karyawan di sana yang beberapa puluh tahun sudah beroperasi namun tidak pernah nama karyawan tersebut tercatat sebagai karyawan di BPJS ketenagakerjaan.

Menurut Bupati Nias Utara hal ini perlu kita lakukan demi menyelamatkan karyawan dan kebun kelapa tersebut sebagai aset daerah Nias Utara dan tujuan utama adalah sebagai tambahan Penghasilan Asli Daerah (PAD)”sebut Bupati” (Fzal)

By Seru

3 thoughts on “Kebun Kelapa Toyolawa, Pemkab Nisut Akan jadikan Aset Daerah”

Comments are closed.