Gemantararaya.com

Padang – Pengurus Tri Power (LSM, LBH dan Media), Lembaga Gemantara Raya Daerah Sumatera Barat mengadakan Rapat Evaluasi tentang Laporan Pengaduan Masyarakat yang masuk pada Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gemantara Raya Sumbar,. Hari Jumat, 28/01/2022.

Rapat Evaluasi dipimpin oleh Ketua DPD Gemantara Raya Sumbar. Bp. Piterson Harefa, Sekretaris DPD ibu Desmurniati B, Korwil Media Gemantararaya.com Sumbar Bp. Ade Tomi Zai, Kordinator Advokasi Lembaga Bp. Paustinus Gulo, Koordinator Bidang Investigasi, Inteligen dan Advokasi Bp. Fictorius Nduru dan Humas Lembaga Bp. Dalili Zal.

Dijelaskan oleh Ketua DPD Gemantara Raya Sumbar, bahwa Rapat ini membahas Laporan Pengaduan dari masyarakat yang masuk serta  menidaklanjuti dan memulai Penyelidikan, investigasi dan Pendampingan terhadap Laporan Masyarakat tersebut.

Ditambahkan oleh Piterson Harefa, yang juga sebagai Pimpinan Redaksi Wilayah (Pimredwil), Media Cyber Gemantararaya.com. “Ada dua Laporan Pengaduan Masyarakat yang masuk dalam bulan ini. ke Lembaga Gemantara Raya Sumbar diantaranya Laporan Masyarakat tentang Proyek Pamsimas Bak Air di Kelurahan Seberang Palinggam yang sampai saat ini proyeknya masih terbengkalai dan belum difungsikan, sedangkan kondisi bak Air yang dibangun sejak tiga tahun lalu, mulai lapuk serta selang paralon yang ada di bak untuk disambungkan kerumah masyarakat Banyak yang sudah hilang.

Untuk Laporan ini akan kami cek dan kami investigasi kelapangan.  Selanjutnya akan pertanyakan ke Dinas Pekerjaan Umum sebagai Penanggung Jawab proyek”kata Piter

“Pengaduan lain yang masuk yaitu tentang masalah Perdata disuatu Proyek Pembangunan Kantor salah satu Bank di Kota Padang yang mana hak dari kontraktor ini ada yang belum diterimanya” ungkap Piter

Ditambahkan oleh Ketua Lembaga Gemantara Raya Sumbar, selain Laporan Pengaduan yang  baru masuk dibahas, juga mengevaluasi Proses  Pendampingan Masyarakat atas nama “FL” yang sedang berjalan di Pengadilan Negeri Padang oleh Tim Advokasi Lembaga dan Pemantapan serta support di Bidang Media Cyber gemantararaya.com Redaksi Wilayah untuk membantu proses pengaduan kasus ini”terang Piter

Ditempat yang sama Koordinator Advokasi Hukum DPD Gemantara Raya Sumbar  Bp. Paustinus Gulo. SH, mengucapkan terima kasih kepada DPP Gemantara Raya, yang telah memberikan Mandat sebagai Koordinator Advokasi atau Bantuan Hukum di DPD Sumbar serta merangkap sebagai Wakil Ketua DPD Gemantara Raya Sumbar.

Paustinus G SH menjelaskan sesuai dengan arahan Ketua DPD, bahwa ada Laporan Masyarakat yang menyangkut masalah Hukum dan akan dimulainya investigasi lapangan oleh Tim LSM . Apabila kasus ini nanti masuk dalam ranah Hukum atau sampai dipersidangan, maka kami dari Tim Bantuan Hukum dan Advokasi Lembaga Gemantara Raya, akan mendampingi masyarakat tersebut.

Ditambahkan oleh Paustinus, DPD Lembaga Gemantara Raya Sumbar sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat dan bantuan Hukum serta memberikan informasi melalui Media Cyber , sudah mulai dipercaya oleh masyarakat kota padang, ada beberapa Laporan masyarakat yang sudah masuk dan ditangani.  “Saat ini ada masyarakat atas nama FL yang kita dampingi dan masih dalam proses Persidangan di Pengadilan Negeri Padang” ungkap Paustinus.

Koordinator Wilayah (Korwil) Redaksi Media Cyber gemantaraya.com Bp. Tomi Ade Zai, yang diwawancarai oleh media mengungkapkan peran serta Tim Media nanti akan selalu ikut melaksanakan arahan Ketua DPD  untuk membantu proses penyelesaian kasus baik dalam mengumpulan data maupun memberikan informasi media melalui rilisan berita.

Dikatakan oleh Tomi Ade, Media Cyber gemantararaya.com sebagai sarana Komunikasi dan informasi Masyarakat akan merilisan berita objektif dan berimbang. Setiap kegiatan dari Lembaga Gemantara Raya selalu kami ikut dan meliput kegiatannya.

“Pada rapat evaluasi tadi sesuai dengan arahan Ketua DPD, media akan mengawal proses investigasi dan Hukum dari Pengaduan Masyarakat dan menyajikan berita yang sebenarnya.”ungkap Tomi Ade

Selain penugasan Media dalam membantu tugas Lembaga, Media Cyber gemantararaya.com juga mempunya beberapa Wartawan Jurnalis yang meliput berita baik di instansi pemerintahan, swasta maupun ditengah  masyarakat. Tutup Tomi Ade (Red Sumbar)