Gemantararaya.com |Afulu – Nias Utara, Pemerintah Kecamatan Afulu dan para tokoh masyarakat menyambut baik kedatangan Tim dari Biro Rena Polda Sumut di POLSUBSEKTOR Afulu wilayah Polsek Lahewa kabupaten Nias Utara dalam rangka melaksanakan studi kelayakan pembentukan/peningkatan Polsubsektor Afulu menjadi Polsek Afulu, Selasa (01/03/2022)

Menurut Laporan Kapolsek Lahewa IPDA Hesena Ziliwu.SH.MH, kunjungan Tim dari Poldasu di wilayah Hukum Polsek Lahewa adalah merupakan studi kelayakan pembentukan atau peningkatan POLSUBSEKTOR menjadi Polsek bila terpenuhi persyaratan dan semua pihak dapat mendukungnya.

Maka kami pihak Polsek Lahewa, mengundang pemerintah kecamatan dalam hal ini Camat Afulu, Kepala Desa se kecamatan Afulu, dan bapak/ibu tokoh kecamatan Afulu dan para pemuda, untuk dapat membantu dan mendukung apa yang menjadi persyaratan POLSUBSEKTOR Afulu Menjadi Polsek ke depan.

KOMBES POL HARRIES BUDIHARTO S.I.K., M.Si KMA Penanggung jawab TTK (Karorena Polda Sumut) dalam sambutannya mengatakan bahwa kami dari Tim Biro Rena Polda Sumut melakukan kunjungan kerja di wilayah Polres Nias dan khususnya di wilayah Polsek Lahewa sesuai apa yang disampaikan oleh Kapolsek Lahewa. Sebagai mekanisme dan aturan yang ada tentang pembentukan POLSUBSEKTOR menjadi satu Polsek adalah ada beberapa hal sebagai dasar dan pertimbangan yang harus di lengkapi.

Antara lain: Harus dilengkapi peraturan daerah, hibah lokasi dan dukungan pemerintah kecamatan dan daerah. Tentu persyaratan ini sangat penting untuk di lengkapi dan ini lah nanti di bahas melalui Srena Mabes Polri dan diserahkah ke Kemenkumham sebagai dasar-dasar hukumnya.

Ketika hal ini tidak dibantu oleh pemerintah daerah atau pemerintah kecamatan maka kita dari Polri tidak akan bisa berbuat apa-apa karena kita tidak memiliki anggaran untuk bayaran hibah maupun anggaran dana. Tentu hal ini kami sangat memohon dukungan dan partisipasi dari masyarakat suatu swadaya untuk terwujudnya program Polri.

Kita tau bahwa wilayah Nias ini sangat luas maka perlu ada Polres lagi, pada hal semua ini ada mekanismenya bukan hanya kemauan kita sendiri mudah-mudahan melalui Srena Mabes Polri dapat mempertimbangkan lagi dan teruskan ke Kemenkumham RI.

Kombes Pol Harries Budiharto, S. I.K., M.Si KMA mengatakan “Pembentukan Kapolsek itu tidak hanya kantor saja tentu juga nanti nya ada asrama kami berharap ada kerja sama dari pemerintah daerah pemerintah kecamatan, desa dan seluruh lapisan tokoh dan masyarakat, nanti hasil kunjungan ini kita sampaikan ke Biro Rena Polda Sumut untuk pembahasan lebih lanjut”ucap Harries.

Camat Afulu Ibedali Waruwu “Kami sangat berharap agar peningkatan Polsubsektor menjadi Polsek sehingga keamanan ke masyarakat Afulu dapat terjangkau.

Menurutnya selama ini masyarakat berurusan ke Polsek Lahewa dan butuh waktu yang lama untuk menempuh Polsek Lahewa” Ujar Camat.

Beberapa tokoh yang hadir para Kepala Desa sangat mengapresiasi kedatangan tim dari Biro Rena Sumut itu untuk peningkatan Polsubsektor Afulu menjadi Polsek Afulu ke depan.

Tambah tokoh masyarakat kami siap membantu baik hibah lokasi sesuai dengan kebutuhan untuk pembangunan Polsek Afulu nantinya kami selalu menyiapkan tanpa kami tuntut imbalan merupakan dana hibah dan hal ini kami sangat berterimakasih jika Kapolri RI memberikan kesempatan untuk kecamatan Afulu untuk POLSUBSEKTOR Afulu yang ada menjadi Polsek Afulu.

Turut hadir Dalam kesempatan itu hadir Tim dari Biro Rena Polda Sumut KOMBES POL HARRIES BUDIHARTO S.I.K., M.Si KMA PENANGGUNG JAWAB TTK
(Karorena Polda Sumut) dan Rombongan dari Poldasu KOMBES POL HARRY MARGIANTORO, SKM KMA Ketua TIM TTK.

PENATA TK I EDDY WIJAYA SUKATENDEL, S.E., M.M KMA SEKRETARIS TTK

BRIPTU ARDHIS IDAHANA SIREGAR KMA DRIVER KARORENA TTK

BRIPTU ARY BONA SINAGA KMA ANGGOTA PENGDA TKI AMRINAWATI KMA ANGGOTA

Yang Mewakili dari Polres Nias Kabagren Polres Nias Kompol Arius Zega, SH, MH.
Kapolsek Lahewa dan anggota, Danramil 05 Lahewa, Camat Afulu, Kepala Desa se kecamatan Afulu, tokoh masyarakat dan pemuda (Fzal)

By Seru