Gemantararaya.com, Cileungsi(Kabupaten Bogor), Pemerintahan Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa(BLT DD) Tahun Anggaran 2022, yang berlangsung di Aula Kantor Desa, Jumat(18/03/2022) dengan tetap mengikuti standar aturan protokol kesehatan.

Kepala Desa Cileungsi Kidul, Rudy Sukarya,S.E. terlihat hadir langsung dalam pembagian BLT DD Kepada warga desa cileungsi kidul.

Dewi yang merupakan Staff Kesra Pemerintahan Desa Cileungsi Kidul, kepada gemantararaya.com mengatakan ada kenaikan jumlah penerima BLT DD Tahun Anggaran 2022 yaitu sebanyak 137 KPM dari sebelum nya 114 KPM di Tahun Anggaran 2021 lalu.

” Untuk Tahun Anggaran 2022 ini warga desa cileungsi kidul yang menerima BLT DD sebanyak 137 KPM, ada penambahan jumlah atau kenaikan dibanding Tahun Anggaran 2021 lalu, yaitu sebanyak 114 KPM” ujar Dewi.

Dewi juga mengatakan untuk penyaluran Tahap 1 ini BLT DD langsung diberikan untuk 3 bulan yaitu Januari sampai Maret 2022 sebesar 900 ribu rupiah.

” Untuk Tahap pertama atau awal penyaluran BLT DD Tahun Anggaran 2022 ini, kita salurkan langsung untuk 3 bulan, yaitu Januari sampai Maret 2022, sehingga total yang diterima sebesar 900 ribu per KPM” jelas Dewi.

” Semoga dengan adanya jaring pengaman sosial ini, yaitu BLT DD yang diterima warga desa cileungsi kidul, bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari” pungkas nya.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) akan mempercepat pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa tahun anggaran 2022. Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar dalam keterangan tertulis nya menyampaikan sebagai program jaring pengaman sosial, percepatan pencairan akan semakin efektif meringankan beban keluarga miskin dan rentan di desa. “Sesuai arahan Presiden (Joko Widodo) yaitu percepatan pencairan BLT Dana Desa Tahun Anggaran 2022 sebab per 17 Februari 2022 pencairan BLT Desa baru mencapai Rp.354 miliar atau 9,62 persen dari total pencairan Dana Desa. Menteri Desa PDTT menambahkan, selain untuk mengefektifkan jaring pengaman sosial, langkah percepatan pencairan BLT Dana Desa salah satunya untuk memaksimalkan pendampingan penyusunan APBDes.(Marlon,S.E.).

By Admin