Gemantararaya.com, Istora Senayan(Jakarta), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi(Menkomarves), Luhut Binsar Panjaitan hadiri Acara Silaturahmi Nasional APDESI yang dihadiri puluhan ribu Kepala Desa dari seluruh Indonesia, bertempat di Istora Senayan, Selasa(29/03/2022). Acara diselenggarakan lewat protokol kesehatan yang ketat dengan menunjukkan hasil negatif tes PCR bagi seluruh peserta.

Menkomarves, Luhut Panjaitan pada momen Silaturahmi APDESI kali ini mengatakan bahwa bertemu dengan puluhan ribu Kepala Desa dari seluruh Indonesia merupakan kesempatan emas.

” Hari ini merupakan kesempatan emas bagi saya untuk bertemu para Kepala desa, sekaligus menantang mereka agar mampu melihat potensi dan peluang usaha yang bisa dikembangkan dari wilayah tempat tinggal mereka. Dengan begitu rasa cinta dan bangga akan produk lokal asli daerah bisa muncul perlahan-lahan. Jangan hanya menjadi jago kandang saja, namun juga punya keberanian memasarkan segala produk UMKM Desa untuk masuk ke dalam pasar-pasar nasional hingga global” ujar nya.

” Di momen Silaturahmi Nasional APDESI kali ini, saya juga ingin para kepala desa ikut merasakan kebanggaan yang juga saya rasakan tentang visi menuju Indonesia 2045. Mulai dari target penanganan pandemi sekaligus di dalamnya ada pemulihan ekonomi. Belum lagi soal transformasi ekonomi yang dirijen nya ada pada program hilirisasi industri, hingga meningkatkan efisiensi melalui digitalisasi” sambung nya.

Masih menurut Luhut, Ketika berbicara didepan puluhan ribu Kepala Desa dari seluruh Indonesia yang hadir di Istora Senayan Jakarta teringat ketika berbincang dengan mantan Presiden Bank Dunia Him Yong Kim.

” Ketika berbicara didepan puluhan ribu kepala desa, saya teringat percakapan saya dengan mantan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim yang menyebut bahwa tidak pernah terjadi sebuah Pemerintahan di suatu negara memberikan pendanaan untuk seluruh wilayah desa di negara tersebut. Baru kali ini ada di Indonesia dan bagi saya itu merupakan sebuah pujian , bahkan mereka pun menyebut pemberian dana desa dipuji oleh Bank Dunia karena nyatanya dapat mengurangi angka kemiskinan sehingga menekan โ€œgini ratioโ€. ucap nya.

” Tadi sebelum meninggalkan lokasi acara, saya sempat berbincang-bincang dengan beberapa kepala desa, dan mereka sampaikan kepada saya agar program yang baik ini agar tetap dipertahankan karena para kepala desa melihat capaian transformasi ekonomi hari ini, tak lepas dari peran desa-desa mandiri yang semakin banyak terbentuk dan keluar dari desa tertinggal berkat pemanfaatan dana desa. Banyak perubahan yang dirasakan oleh para kepala desa sejak bergulirnya program dana desa yang menjadi motor bagi desa-desa di seluruh Indonesia untuk terus bergerak maju agar pembangunannya tidak semakin tertinggal dari wilayah kota. Karena membangun desa berarti membangun Indonesia, dari Desa Indonesia Berjaya” pungkas nya.(Marlon,S.E.)

By Admin