Gemantararaya.com | GUNUNGSITOLI – Dalam rangka penyampaian informasi tentang kegiatan Pemerintah Daerah serta isu-isu strategis di Kota Gunungsitoli maka Pemerintah Kota Gunungsitoli melaksanakan Konferensi Pers yang dilaksanakan di Kaliki Beach Resto & Hotel, Jalan Yos Sudarso Gunungsitoli, Kamis (28/04/2022) pukul 10.00 wib sampai dengan selesai.

Dalam acara Konferensi Pers ini turut hadir Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua, Sekda Kota Gunungsitoli Oimonaha Waruwu, para Asisten, Staf Ahli, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemko Gunungsitoli, segenap awak Media & LSM.

Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua dalam sambutannya mengatakan bahwa temu pers pada hari ini sangat strategis dan bermanfaat untuk menyampaikan hal-hal yang telah dicapai hingga saat ini. Dan juga saya sampaikan wajib memberikan pernyataan dan sikap atas beberapa hal kejadian yang merupakan berita-berita viral, isu-isu strategis, isu-isu penting yang terjadi akhir-akhir ini, “ujarnya.

Pemerintah Kota Gunungsitoli akan melanjutkan pembangunan Landmark Wisata Rohani di Desa Lelewonu Nikootano Kecamatan Gunungsitoli dan Penataan Lapangan Merdeka Kota Gunungsitoli dan Pengembangan Kawasan Wisata Taman Yaahowu di eks Pasar Luaha Kota Gunungsitoli, “jelas Walikota

Realisasi pelaksanaan APBD 2022,
Realisasi APBD hingga 31 Maret 2022
Total APBD (Rp) 715.763.545.538.-
Realisasi APBD (Rp) 54.326.453.106.-
8,86 %, dengan realisasi serapan anggaran tersebut, Kota Gunungsitoli berada di urutan ke-9 se Indonesia untuk tingkat Kota dengan realisasi belanja tertinggi, “terangnya.

Selanjutnya, Realisasi Pelelangan pekerjaan fisik mencapai 69% dari total pagu diluar dari pengadaan langsung dan swakelola. Pagu pengadaan barang dan jasa pada aplikasi SIRUP sebesar Rp. 171.194.522.027. Bagian pengadaan barang dan jasa telah melaksanakan tender sebanyak 82 paket dengan nilai Rp.117.454.880.884.

Masih Walikota, Ia memaparkan bahwa perkembangan harga menjelang hari Raya Idul Fitri dan kondisi aktivitas perdagangan di Kota Gunungsitoli. Perkembangan harga kebutuhan pokok berdasarkan pemantauan harga secara berkala masih relatif stabil dan belum mengalami peningkatan harga yang signifikan kecuali minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah.

Untuk mengantisipasi lonjakan harga minyak goreng, sudah dilaksanakan operasi pasar minyak goreng kemasan sebanyak 2 kali dengan menyediakan 2400 liter, dan untuk minyak goreng curah sebanyak 1 kali, sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Pemerintah sebesar Rp.15.500/kg atau Rp.14.000/liter dengan menyediakan sebanyak 10.000 kg, “papar Walikota

Kemudian Ir. Lakhomizaro Zebua mengatakan Relokasi pedagang Pasar Beringin dan Pedagang Kaki Lima (PKL) ke eks terminal telah dilaksanakan kepada 216 pedagang dan 70 orang pedagang kaki lima. Penertiban pedagang kali lima dan usaha lainnya yang menggunakan fasilitas publik, akan tetap dilakukan oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli berdasarkan Perda Nomor 04 tahun 2016 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, “pungksnya

Dalam rangka penertiban kendaraan angkutan barang over dimensi dan over loading (ODOL) serta bongkar muat ditepi jalan, Dinas Perhubungan telang menilang sebanyak 95 unit kendaraan angkutan yang melanggar ketentuan.

Dalam rangka Idul Fitri 1443 H tahun 2022 Dinas Perhubungan melakukan pengamanan lalu lintas dengan menempatkan personil pada Posko bersama instansi terkait yang di koordinir oleh Polres Nias di beberapa tituk antara lain Pos Lantas Baru, Bandara Udara Binaka dan Pelabuhan Angin Gunungsitoli sudah dimulai sejak Senin (25 April 2022) dengan jam kerja selama 24 jam kecuali di Bandara Binaka disesuaikan dengan aktifitas penerbangan. Selain itu Dinas Perhubungan juga membentuk Posko sendiri di 1 titik kerawanan lalu lintas selama hari libur dan cuti bersama yang akan dimulai Jumat (29 April 2022) beroperasi dari pukul 08.00 – 18.00 WIB. Terminal tetap beroperasi untuk melayani angkutan penumpang dan akan melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan di dalam terminal dalam rangka keselamatan penumpang.

Perkembangan Covid-19 dan capaian vaksinasi dosis I sebesar 95,50% dosis II sebesar 78,81% dan dosis III sebesar 17,44%, hingga saat ini sudah tidak ada warga Kota Gunungsitoli yang terkonfirmasi Covid-19, “tutup Walikota (Red/Tim)

By Seru

One thought on “Konferensi Pers: Pembangunan Landmark Wisata Rohani Dilanjutkan & Penataan Lapangan Merdeka Kota Gunungsitoli”

Comments are closed.