Menuju 2024, Kepengurusan PAC PDI Perjuangan Kecamatan Lahewa Dievaluasi

Gemantararaya.com | Lahewa, Nias Utara – Sehubungan tahapan Pemilu 2024 akan segera dilaksanakan maka DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nias Utara menugaskan Setianus Gea, SE Wakil Ketua Bidang Politik, Hukum, HAM dan Perundang-undangan, Erlismawati Lase (Wakil Ketua Bidang Perekonomian dan Kebudayaan), dan Saba’ati Lase, M.Pd., M.Th (Wakil Ketua Bidang Keagamaan dan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa) untuk melaksanakan dan memimpin rapat Evaluasi PAC Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara sesuai dengan Surat Tugas Nomor: 004/ST/DPC-29.10/VI/2022.
Yang dilaksanakan di Tureloto Beach, Sabtu (25/6)

Kegiatan evaluasi ini dihadiri oleh Sekretaris DPC PDI Perjuangan Nias Utara Ir. Otorius Harefa, Wakil Ketua Ideologi dan Kaderisasi Budiyarman Lahagu, SE, Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Yason Harefa dan seluruh pengurus PAC PDI Perjuangan Kecamatan Lahewa.

Sebelum masuk pada acara Musyawarah, diawali dengan acara menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PDI Perjuangan dan Hymne PDI Perjuangan.

Sambutan pembukaan disampaikan oleh Asali Nazara Sekretaris PAC PDI Perjuangan Kecamatan Lahewa menerangkan dasar evaluasi dan penyempurnaan pengurus PAC PDI Perjuangan Kecamatan Lahewa adalah
sejak pelantikan pada bulan September 2020, PAC PDI Perjuangan Kecamatan Lahewa tidak pernah mengadakan pertemuan, sehingga sesama pengurus tidak saling mengenal. Kemudian Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Lahewa tidak pernah mengikuti rapat-rapat di tingkat DPC dan selalu diwakilkan kepada sekretaris ataupun bendahara PAC. Berhubung karena itu tidak pernah diadakan pertemuan internal PAC maka administrasi tingkat PAC tidak ada, “terangnya

Lanjutnya, segenap kepengurusan PAC PDI Perjuangan Kecamatan Lahewa memohon kepada DPC PDI Perjuangan Nias Utara untuk mengadakan evaluasi dan sekaligus mengusulkan nama-nama pengganti pengurus yang baru untuk di SK kan oleh DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara “ujar Asali.

Setianus Gea, SE (Koordinator Dapil IV Lahewa – Afulu) menyampaikan bahwa memang berdasarkan laporan dan keluh kesah para pengurus yang lain menjelaskan kalau Ketua PAC dan lainnya kurang aktif bahkan tidak pernah melaksanakan rapat internal. Rapat evaluasi hari ini pun ketua dan beberapa pengurus lainnya tidak menghadirinya, undangan sudah dilayangkan tapi tetap tidak digubris. Oleh karena itu saya minta segera diganti lewat musyawarah PAC pada hari ini agar mesin partai berjalan sesuai dengan apa yang kita cita-citakan ke depan, “ucapnya.

Ir. Otorius Harefa mengatakan bahwa mengingat tahapan Pemilu 2024 akan segera dilaksanakan oleh KPU, maka perlu melaksanakan konsolidasi dan evaluasi kepengurusan PAC PDI Perjuangan khususnya Kecamatan Lahewa untuk menata kepengurusannya sehingga nantinya ke depan tidak ada kendala, dan dipastikan PDI Perjuangan Nias Utara lolos menjadi peserta Pemilu 2024, “ujarnya.

Musyawarah PAC berlangsung dengan lancar dan menghasilkan beberapa keputusan antara lain :

  1. Seluruh pengurus PAC yg hadir sepakat untuk melakukan evaluasi dan penyempurnaan pengurus.
  2. Nama-nama pengurus yg dievaluasi :
    a. Nyak Deta Aceh (Ketua PAC) digantikan oleh Yanuarman Gulo.
    b. Suherman Gulo (Wakil Ketua bidang Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial) digantikan oleh Oktavianus Zebua.
    c. Akimano Lase (Wakil Ketua bidang Kebudayaan) digantikan oleh Ebta Delimanse Zalukhu.
    d. Mercy Telaumbanua (Wakil Ketua bidang Perempuan dan Anak) digantikan oleh Cut Elsi Putri Zebua.

Ketua PAC terpilih sesuai dengan hasil musyawarah dan keputusan PAC PDI Perjuangan Kecamatan Lahewa, Yanuarman Gulo mengatakan sebagai Ketua Terpilih Saya dan segenap PAC Lahewa mengucapkan terimakasih kepada DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nias Utara atas kehadiran dan dukungannya terkait Evaluasi sekaligus Penetapan Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Lahewa untuk semakin Solid Bergerak menghadapi momentum Politik di masa sekarang dan masa mendatang, “pungkasnya

Sebagai Kecamatan terbesar, PAC PDI Perjuangan Kecamatan Lahewa dapat menjadi pusat basis Partai PDI Perjuangan jika para petugas Partai bergotong-royong bersama Rakyat menjawab dan berjuang bersama terkait berbagai persoalan rakyat selama ini di Kecamatan Lahewa. Bersama Rakyat PDI Perjuangan pasti menang dan berjaya, “imbuhnya

Red

By Seru