Gemantararaya.com,Cileungsi, Pemerintahan Desa Gandoang, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor Realisasikan betonisasi Jalan Lingkungan Desa(Jaling Desa) sekaligus melakukan pengerjaan pembuatan gorong-gorong di wilayah Jalan Dusun 2 RT 001-002 RW 009 dan RT 001-002 RW 003 yang Anggaran nya bersumber dari Bantuan Keuangan Kabupaten Satu Milyar Satu Desa(SAMISADE) Tahun Anggaran 2022 sebesar 60 Persen dari total 100 Persen.

Adapun titik pengerjaan pertama yaitu dengan volume Panjang -+250 Meter, Lebar 2,5 Meter dan Ketebalan 0,10 Meter, yang lokasinya berada di Kampung gandoang RT001-0 02/ RW 003 Dusun 2, Desa Gandoang dan titik pengerjaan lainnya yang berlokasi di Rt 01-RT 02/Rw 09 Dusun 2, dengan volume panjang -+440 Meter, Lebar 2,5 Meter dan Ketebalan 0,10 Meter. Sehingga Total keseluruhan 60 Persen volume pengerjaan yaitu: Panjang 690 Meter, Lebar 2,5 Meter dan Ketebalan 0,10.

Ramdan, Kadus 2 Desa Gandoang saat ditemui awak media di lokasi kegiatan, Selasa(14/11/2022), mengatakan bahwa pengerjaan betonisasi dilakukan secara padat karya tunai.

” Betul Pak, Kegiatan pengerjaan betonisasi jalan lingkungan desa yang anggaran nya bersumber dari bantuan keuangan Kabupaten program SAMISADE Tahun Anggaran 2022 ini dikerjakan secara padat karya tunai yang melibatkan warga masyarakat setempat” ungkap nya.

” Alhamdulillah, dengan adanya Program SAMISADE ini jalan tidak becek dan rusak lagi, yang akhirnya semua akan terbantu termasuk perekonomian warga karena akses mobilitas sudah lancar, bahkan sampai ke jalan akses pemakaman sudah bagus” sambung nya.

Saat ditanya perihal kesan dengan dilakukan nya betonisasi jalan lingkungan desa, Kadus 2, Ramdan mengatakan berterimakasih ke Pemerintahan Daerah Kabupaten Bogor dan Pemerintahan Desa Gandoang.

” Alhamdulillah, kita berterimakasih kepada Pemda Bogor dan Pemerintahan Desa Gandoang dengan adanya program SAMISADE ini, sehingga jalan lingkungan desa di Dusun 2 ini akhirnya bisa diperbaiki dengan betonisasi, meski dari Kadus sebelum nya sudah diajukan, sudah puluhan tahun belum juga diperbaiki, tapi sekarang, Alhamdulillah sekarang sudah terealisasi itu berkat dorongan dari RT RW di Kadus 2 ini yang kita tanpa lelah lakukan pengajuan, akhirnya terealisasi, sekali lagi Kami bersama Warga ucapkan terimakasih, semoga program ini tetap berkelanjutan kedepan nya” pungkas nya.

Sebagai Informasi bahwa Betonisasi Jalan Desa dan Pengerjaan gorong-gorong dari Program SAMISADE Tahun Anggaran 2022 yang merupakan bantuan keuangan Kabupaten Bogor di Dusun 2 untuk pengerjaan 100 persen kedepan Total Volume yaitu Sepanjang 1.135 Meter x 2,5 Meter x 0,10 Meter dengan total Anggaran keseluruhan(100 persen) sebesar Rp. 492.380.000.

Dari pantauan awak media dilapangan, bahwa betonisasi di dusun 2 yang berdekatan dengan saluran drainase, material nya pakai besi Wiremesh dengan tujuan untuk antisipasi atau mencegah kerusakan jalan ketika turap saluran air longsor akibat bencana alam. (Marlon, S.E).

By Admin