Gemantararaya.com, Pemerintahan Desa Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor realisasikan pembangunan Tembok Penahan Tanah(TPT) yang anggaran nya bersumber dari program bantuan keuangan Kabupaten Bogor Satu Milyar Satu Desa(SAMISADE) Tahun Anggaran 2022 yang lokasi nya berada di RT 02 RW 09 Kampung Nanggewer, Dusun 5 Kali Tlajung.

Adapun Volume pengerjaan TPT yang direalisasikan dengan panjang 100 meter dan lebar 1 meter serta ketinggian 6 meter dengan pondasi dasar 1/2 meter juga Bored pile sedalam 3 meter dimana pengerjaan nya menggunakan alat berat seperti Escavator 200 PC.

Adapun anggaran pembangunan TPT yang direalisasikan yaitu sebesar Rp.318.900.000(Include Pajak) dan dalam pengerjaan TPT dilaksanakan oleh TPK dan unsur masyarakat sekitar lokasi pembangunan yang juga melibatkan RT RW dengan waktu -+ 25 hari kalender dengan mengacu kepada situasi kondisi dan cuaca.

Sardi Syahrudin, S.Pd.I., MM., mewakili Kepala Desa Nagrak, Agus kepada awak media, Senin(05/12/2022) mengatakan bahwa tujuan dilakukan pembangunan TPT untuk cegah longsor dan abrasi serta sudah sesuai Musyawarah mufakat dengan warga.

” Realisasi pembangunan TPT ini dilakukan dengan tujuan meencegah abrasi atau pengikisan tanah sekaligus mencegah longsor sebab volume air sangat deras ketika hujan lebat” imbuh nya.

” Semoga dengan sudah direalisasikan nya pembangunan TPT ini, lingkungan sekitar bisa lebih tertata rapi, bebas dari longsor dan banjir” singkat nya.

Sebagai informasi bahwa pemerintahan desa nagrak akan merealisasikan 4 titik pengerjaan dari program SAMISADE yaitu: Pembangunan TPT, Pembangunan Drainase di 2 titik dan juga Betonisasi Jalan Desa dengan total anggaran 1 Milyar(Include Pajak). (Marlon, S.E.).

By Admin